Sabtu, 03 September 2011

NBA Lockout: Where NBA Players “become” Streetball Players

Saat ini, para pecinta basket di seluruh dunia sedang dibuat sedih dan juga kesal karena kompetisi liga basket paling populer di dunia, yaitu NBA (National Basketball Association) sedang dalam proses Lockout. Hmm, apa sih maksudnya? “Lockout” di sini artinya bahwa NBA sedang menghentikan kompetisi dan latihan rutin mereka, dikarenakan adanya ketidaksepakatan antara manajemen tim-tim NBA dengan para pemainnya. Secara khusus, ketidaksepakatan ini mengenai perbedaan gaji atau bayaran para pemain yang begitu besar dibanding profit dari tim-tim itu sendiri. Singkatnya tim-tim tersebut mengalami kerugian. Satu jalan keluar yang diungkapkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menurunkan gaji atau bayaran pemain-pemain tersebut dan mengurangi segala pendapatan berlebih lainnya. Nah, selama kesepakatan itu belum terpenuhi, jangan harap seluruh pecinta basket di dunia bisa menyaksikan aksi-aksi para pemain-pemain ini di kompetisi NBA tersebut.

Tapi, mungkinkah pemain-pemain basket profesional yang GOKIL-GOKIL itu jadi berhenti basket begitu saja sambil nunggu tercapainya kesepakatan? Well, they love Basket Ball MORE THAN we think!! Banyak dari pemain-pemain ini yang akhirnya “melampiaskan” keinginan bermain basket mereka di liga-liga atau kompetisi lainnya, baik di Amerika sendiri atau di luar negeri, termasuk Asia. Namun, saat ini kita bukan untuk membahas para pemain yang akhirnya memilih main di liga-liga luar negeri tersebut, melainkan, kita akan membahas para pemain yang akhirnya beraksi menunjukkan skill mereka di dua kompetisi basketball/streetball ternama di Amerika yang bernama “GOODMAN LEAGUE” dan “DREW LEAGUE”.

Mungkin masih banyak dari para streetballer di sini yang belum tahu mengenai Goodman League dan Drew League ini. Goodman League pertama kali diadakan oleh Ervin Brady, Carlton Reed, dan Morty Hammonds pada tahun 1975. Pada saat itu, liga ini masih dinamakan “Barry Farms Community Basketball League”. Kemudian nama liga tersebut berubah menjadi Goodman League pada tahun 1980-an untuk menghormati salah satu warga di lingkungan Barry Farms tersebut, yaitu George Goodman. Liga yang diadakan di lapangan basket outdoor Barry Farms Dwelling ini menjadi sangat terkenal hingga sekarang. Setiap tahun, tepatnya saat musim panas, hampir setiap hari selalu diadakan pertandingan streetball. Gak cuma itu, pemain-pemain yang beraksi di liga inipun bervariasi, dari streetballer ternama sampai pemain profesional NBA. Sebut saja Special FX (Ball Up Streetball), Baby Shack (AND1 Streetball Player), A Whole Lotta Game (EBC Player), dan ada beberapa pemain profesional NBA, yaitu Kevin Durrant (OKC Thunder), John Wall (Wizards), Gilbert Arenas (Wizards), Ty Lawson (Denver), Sam Young (Memphis) dan masih banyak lagi.

Sedangkan Drew League sendiri, pertama kali diadakan oleh Alvin Willis di tahun 1973, di daerah South Central Los Angeles. Saat itu, Willis yakin dan percaya bahwa Drew League dapat membantu seluruh pecinta basket untuk mengembangkan talenta mereka, dan menjadi top player di lingkungan atau komunitas mereka. Berawal dari 6 tim yang bertanding, kemudian berkembang hingga harus dibatasi menjadi 20 tim saja. Bertempat di Charles Drew Junior High School, sekarang ini Drew League menjadi salah satu kompetisi basket terbesar di daerah tersebut, dan diketahui memiliki kompetisi terbaik antara streetballer, pemain universitas dan bahkan pemain basket profesional NBA. Nama-nama besar streetball yang sudah pernah bermain di Drew League ini adalah Homicide (EBC Player), Bad Santa (AND1 Streetball Player), dan beberapa pemain profesional NBA, yaitu Ron Artest (Lakers), Nick Young (Wizards), Demar DeRozan (Raptors), James Harden (OKC), Brandon Jennings (Bucks), Lebron James (Heat), dan masih banyak lagi bintang-bintang ternama lainnya.

Para jagoan-jagoan basket ini sangat menonjol dibanding pemain-pemain lainnya. Terutama para pemain basket profesional NBA, mereka sudah pasti selalu bergilir menjadi Top Scorer atau MVP di tim nya. Dan sudah tentu, ketika mereka berada di lapangan streetball, hype dan atmosfir permainan mereka pun menjadi “streetball banget”!! Gak percaya? Lihat beberapa klip dari Goodman League dan Drew League di bawah ini:

Goodman League:

Drew League:

Oh iya, denger-denger, tanggal 20 Agustus 2011 nanti, para Allstars dari Goodman League akan diadu dengan para Allstars dari Drew League. WOW??! Isn’t it COOL? Ini bakalan jadi pertandingan basket/streetball ter-GOKIL tahun ini nih. Just look at the roster, setiap tim bermaterikan bintang-bintang streetball dan NBA. Whew!! I couldn’t imagine how amazing the crowds are going to be.

So, mungkin hampir sama dengan tema dari kompetisi LA Lights Streetball tahun lalu, yaitu “Back To Da Street”, saat ini para pemain-pemain basket profesional ini kembali lagi ke dunia streetball, dimana sebagian dari mereka mungkin telah dibesarkan di situ. Dan apabila Lockout ini berlangsung cukup lama, sangat besar kemungkinan bahwa mereka akan bergabung dengan tim-tim streetball ternama seperti Ball Up Streetball atau AND1 Live Streetball, right?

Or, maybe, we should invite them to play at the Grand Final LA Lights Streetball next October?

Hmm, we’ll see about that! ;)

Source:

www.thegoodmanleaguelive.com

www.drewleague.com

www.youtube.com

www.ballislife.com

Tidak ada komentar: