Selasa, 23 Agustus 2011

Hasil Open Run Balikpapan 2011

Open Run Balikpapan, Sabtu & Minggu, 4 & 5 June 2011, Dome

[Day 1]

Setelah sekitar 3 tahun, LA Lights Streetball Open Run tidak pernah lagi diadakan di kota Balikpapan, akhirnya tahun 2011 ini, kota Balikpapan terpilih sebagai salah satu tuan rumah LA Lights Streetball Open Run. Memang, dengan tidak diadakannya Open Run di kota ini di tahun-tahun sebelumnya, bukan berarti kota ini tidak memiliki streetballer-streetballer handal, malah justru mereka gak kalah bersaing dengan streetballer-streetballer dari kota besar lainnya. Dan juga, setiap tahun, banyak dari mereka yang rela jauh-jauh datang ke kota sebelah, seperti Banjarmasin atau Pontianak, agar bisa tetap bermain di kompetisi streetball paling bergengsi di tanah air kita ini. Walaupun mungkin jumlah tim/komunitas mereka tidak banyak, but we know that they are really hunger for Streetball Competition!

Para Judges yang hadir di Open Run kali ini adalah Denny AKA D-Rocks, Ijal AKA Nightmare, Ali Budimansyah, Dede Rahman dan Dwui “Iboy” Eriano. Mereka terlihat cukup antusias ingin melihat Open Run kali ini, karena beberapa dari mereka belum pernah melihat streetballer-streetballer dari kota Balikpapan ini.

“Walaupun kota Balikpapan udah lama gak terpilih sebagai kota Open Run LA Streetball, tapi gue yakin pasti banyak streetballer-streetballer di sini yang gokil-gokil dan gak kalah skill nya dengan kota-kota lain!” ucap salah satu Judges kita, Ijal AKA Nightmare.

Jumlah tim yang telah mendaftar untuk Open Run di kota Balikpapan ini memang paling sedikit dibanding kota-kota lainnya, yaitu berjumlah 20 tim. Nama-nama tim mereka pun bervariasi dan unik-unik, beberapa diantaranya adalah Pom Pom Boys, Chaiya Chaiya Kids, Legowo Ballers, Specialized, Ghostbuster, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, seperti yang telah dibilang sebelumnya, kuantitas sama sekali tidak menentukan kualitas. Hal ini dapat terlihat dari pertandingan-pertandingan sepanjang Open Run berlangsung. Walaupun Open Run dimulai baru pukul 2 siang di lapangan parkir DOME, para pemain tetap sangat bersemangat dan terlihat seperti tidak perduli akan panas dan teriknya matahari. They just want to play, and show all they got. Berbagai trik-trik streetball, dan ada juga beberapa dunk diperlihatkan oleh para ballers dari kota Balikpapan ini. Para penonton yang hadir pun terlihat semangat mendukung tim favorit mereka.

Beberapa tim terlihat kurang beruntung dan harus menghentikan langkah mereka untuk maju ke babak berikutnya. Kebanyakan dari mereka adalah tim-tim baru, atau mungkin kurang pengalaman. Namun, tim-tim seperti Sector Clear, Ghostbuster A dan Specialized berhasil menundukkan lawan-lawan mereka satu per satu, hingga akhirnya mereka pun lolos untuk bermain di hari ke 2 besok. Selain ke 3 tim tersebut, mereka akan bergabung dengan 5 tim lainnya yang juga berhasil lolos ke hari ke 2, yaitu ASRA Ballers, Lucky, Pom Pom Boys, Bad Wolfes, dan Legowo Ballers.

[Day 2]

Hari ke 2 Open Run di kota Balikpapan ini berjalan tidak begitu berbeda dengan Open Run di kota-kota sebelumnya. Pada awal dimulainya acara, sudah cukup banyak penonton yang hadir, walau kita tahu kebanyakan dari mereka adalah pendukung atau suporter dari 8 tim yang lolos dari hari pertama, yaitu Sector Clear, Ghostbuster A, Specialized, ASRA Ballers, Lucky, Pom Pom Boys, Bad Wolfes, dan Legowo Ballers. Meskipun acara baru dimulai jam 2 siang dikarenakan cuaca yang kurang mendukung AKA hujan, tetapi acara tetap dapat berjalan lancar dan tepat waktu. Rupanya panitia sudah mengantisipasi dan telah mempersiapkan segala yang dibutuhkan agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Ke 8 tim yang bertanding bermain sangat gigih dan tidak mau kalah. Setiap pertandingan berlangsung sangat seru, walau tidak begitu banyak terlihat trik-trik serta slamdunk yang dilakukan oleh para streetballer di kompetisi ini. Akan tetapi, kalau kita membicarakan basic dan fundamental basket, ke 8 tim ini sangat tidak bisa dianggap remeh. Mereka terlihat memiliki skill basket dasar yang sangat baik, dan memiliki athletism yang baik pula. Pertandingan demi pertandingan penuh dengan permainan-permainan cepat, serta aksi “Finishing To The Basket” yang sangat baik. Salah satu tim yang terlihat menonjol di sini adalah tim Specialized. Tim yang dipimpin oleh handler andalan mereka, Okky AKA Blackjack ini bermain sangat baik, dan berhasil mengalahkan tim-tim lawan, sehingga membawa mereka untuk lolos ke babak semifinal. Tim Sector Clear pun juga berhasil lolos menuju babak semifinal, bersama dengan tim Pom Pom Boys dan ASRA Ballers.

Di babak semifinal 1, tim Sector Clear berhadapan dengan tim ASRA Ballers. Skor yang terlihat saling mengejar membuat pertandingan menjadi seru dan ketat. Namun rupanya tim Sector Clear terlihat lebih siap dan yakin bahwa mereka akan menang, hingga pada akhirnya mereka pun lolos ke babak final. Di babak semifinal 2, tim unggulan Specialized juga akhirnya berhasil menundukkan tim Pom Pom Boys. Terlihat permainan Pom Pom Boys yang kurang begitu berkembang dibandingkan dengan tim Specialized, sehingga mereka agak sulit untuk mencetak angka. Tim Specialized pun akhirnya akan bertemu dengan tim Sector Clear di babak final.

Pertandingan final berlangsung seru dan menarik. Kedua tim seringkali menunjukkan kemampuan-kemampuan dalam meng-handle bola dan melakukan lay-up atau slamdunk yang gokil banget! Ada Gunawan AKA Mid Tower dengan vertical jump nya yang begitu tinggi dan ada juga Okky AKA Blackjack yang memperlihatkan skill basket nya dan kemampuannya dalam melakukan trik-trik streetball. Tapi pada akhirnya, hanya 1 tim lah yang pantas menjadi juara, dan itu adalah tim terbaik di kota ini, yaitu tim Specialized. Mereka dapat meyakinkan seluruh insan streetball di kota Balikpapan bahwa mereka lah yang terbaik dengan mengalahkan tim Sector Clear dengan skor tipis 26-22.

Selamat untuk tim Specialized dan MVP mereka, Okky AKA Blackjack!

Here is the summary of Balikpapan Open Run 2011:

Streetball Competion: I: Specialized II: Sector Clear

Rim Shaker: I: Gunawan AKA Mid Tower II: Aria

Rap Battle: I: Rion II: Okky

B-Boy Battle: I: Black Squad II: Cyber Squad

Rookie: Sugeng Wahyudi AKA Black Thunder (Ghosbuster A)

MVP: Top Dunk: Gunawan AKA Mid Tower (Sector Clear)

Point Breaker: Okky A. AKA Blackjack (Specialized)

City Selection Team:

Muhammad Hendra (Ballstar Total)
M. Herdiansyah AKA Xerox (Chaiya-Chaiya Kidz)
Andaz Hermana (Ghostbuster A)
Okky A. AKA Blackjack (Specialized)
Gunawan AKA Mid Tower (Sector Clear)
Bermot Y. M. Silitonga AKA Crusher B (Sector Clear)
Zulfa A. (Specialized)
Reza Roesmana AKA Highway (Sector Clear)

Tidak ada komentar: