Selasa, 23 Agustus 2011

Hasil Open Run Surabaya 2011

Open Run Surabaya, Sabtu & Minggu, 23 & 24 Juli 2011, Grand City Surabaya

[Day 1]

Finally, the last Open Run of 2011, but surely not the least, is about to begin! Kota yang akan menjadi tuan rumah Open Run terakhir kali ini adalah kota Surabaya, atau yang lebih dikenal sebagai “The City of Heroes”. Apabila mendengar nama kota Surabaya, pasti identik dengan 3 digit number “031”. Memang, kode area telepon untuk kota Surabaya adalah “031”, tapi, “031” yang dimaksud di sini bukan lah kode tersebut, melainkan komunitas streetball terbesar di kota pahlawan ini, yaitu “031 Ballers”. Komunitas yang awalnya terbentuk tahun 2004 ini, selalu berpatisipasi di kompetisi LA Lights Streetball sejak pertama kali diadakan. Beberapa kali gelar juara Open Run direbutnya secara berturut-turut, akan tetapi, tahun 2010 lalu, tim ini harus puas berada di posisi Runner-up karena berhasil dikalahkan oleh tim asal Bali, B’Ballaz Bali. Dan sepertinya, tahun ini, mereka berencana tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, dan akan melakukan segala cara untuk dapat menjadi juara di Open Run kali ini.

Sama hal nya dengan tim juara B’Ballaz Bali, rupanya mereka juga sangat prepared dan berencana untuk mendapatkan gelar “Back 2 Back” Champions tahun ini. Tim yang dimotori oleh salah satu Allstar Nasional kita, Picko AKA Steroidz, akan mengerahkan segala kemampuan mereka, untuk dapat memberikan yang terbaik bagi kota Bali, walaupun kota tersebut belum pernah terpilih sebagai kota Open Run. Yang pasti, Picko sudah banyak belajar dari pengalaman Roadshow nya bersama para Allstar Nasional dan para Judges, dan dia akan menerapkan pola latihan dan taktik nya tersebut ke timnya itu sendiri. Dan gak cuma itu, tahun ini, tim B’Ballaz Bali diperkuat oleh seorang ballers asal New Zealand yang bernama Brad. Brad merupakan salah satu founder dari website streetball terkenal, dan dia sudah cukup lama berkecimpung di dunia streetball. Tahun 2007 lalu, Brad pernah ikut bermain di Grand Final LA Lights Streetball sebagai bintang tamu perwakilan dari website streetball nya tersebut. Dan rupanya, tahun ini, dia sangat berniat untuk bermain di kompetisi LA Lights Streetball, dan tim B’Ballaz Bali pun menjadi pilihan timnya, karena dia kenal dengan beberapa orang di tim tersebut. So Surabaya, you guys better watchout of this team!

Sejak pagi, lapangan LA Lights Streetball Open Run Surabaya yang bertempat di area parker Grand City Mall sudah diramaikan oleh para penonton dan juga pemain. Seperti biasa, di hari pertama ini, seluruh pemain dari masing-masing tim memang diharuskan hadir untuk daftar ulang nama dan tim mereka masing-masing. Apabila ada satu atau lebih pemain yang tidak hadir, maka tim tersebut akan mendapatkan penalty yang berupa pengurangan poin/skor di pertandingan pertama mereka. Satu pemain tidak hadir sama dengan minus 2 poin di pertandingan pertama mereka. Jadi buat para ballers yang mungkin tidak menganggap serius akan hal ini, ya nantinya kalian lah yang akan rugi sendiri. You guys better come prepared!

Pertandingan demi pertandingan berlangsung seru dan menarik. Selain 031 dan B’Ballaz Bali, beberapa tim lain yang bermain sudah tidak asing lagi nama nya, dan mereka sudah cukup sering berpatisipasi di kompetisi streetball terbesar di Indonesia ini. Sebut saja Black Ghost (Black Sopranos), DOBS Legends, D’ancient Ballers, dan Masa Depan 911. Tim “Masa Depan” sendiri sebenarnya memang bukan berasal dari kota Surabaya ini, akan tetapi, mereka bergabung dengan tim DOBS 911, sehingga menggunakan nama “Masa Depan 911. Tim ini dilatih oleh salah seorang streetballer ternama, Richard AKA Insane, dan bermaterikan streetballer-streetballer handal. Salah satu pemain di tim ini adalah Roland AKA Anything U Need, yang merupakan mantan Allstar Nasional tahun 2007. Di pertandingan pertama mereka melawan Lil’ Retropolis, sangat disayangkan bahwa skor mereka harus dikurangi 16 poin, karena 7 pemain mereka tidak dapat hadir pada saat daftar ulang di pagi hari. Akan tetapi, rupanya mereka tidak ingin kalah begitu saja, dan sempat berhasil mengungguli balik lawan mereka dengan skor 8-6. Namun akhirnya, mental pun berbicara. Menjelang akhir pertandingan, rupanya tim Masa Depan 911 tidak dapat mempertahankan keunggulan tersebut. Skor pertandingan yang sempat seri, akhirnya dimanfaatkan tim Lil’ Retropolis untuk membalikkan momentum, hingga akhirnya mereka unggul 1 bola dan berhasil memenangkan pertandingan melawan tim Masa Depan 911. Raut muka kusut dan kaget terlihat di muka pemain-pemain tim Masa Depan 911, akan tetapi, salut kepada mereka sudah BERANI ENJOY untuk bermain di lapangan LA Lights Streetball ini. Keep your heads up, ballers!

Seluruh pertandingan di babak penyisihan hari pertama ini pun terlewati dengan baik dan lancar, tanpa ada halangan atau gangguan apa pun. Seluruh penonton yang hadir untuk menyaksikan Open Run ini pun terlihat puas dan terhibur akan permainan jagoan-jagoan streetball di kota Surabaya ini. Total sebanyak 8 (delapan) tim akan kembali bermain di hari ke dua besok, dan mereka adalah DOBS Legend, 031 Souljah, Lil’ Heroes, Black Ghost, D’ancient Ballers, West Star, 031 Junior, dan juara bertahan B’Ballaz Bali.

Sama seperti di kota Open Run sebelumnya, yaitu Yogyakarta, legenda hidup streetball Amerika, Grayson Boucher AKA The Professor turut hadir kembali meramaikan Open Run hari pertama di kota Surabaya ini. Walaupun dia tidak menunjukkan aksi-aksi streetball nya di lapangan, tapi dia sempat berinteraksi dengan para penonton dan juga pemain di lapangan, serta berbagi pengalamannya sebagai salah seorang streetballer dunia ternama. Seluruh penonton dan pemain yang hadir saat itu terlihat sangat surprise campur senang, dengan kehadiran Fess (nama panggilan The Professor) di lapangan.

[Day 2]

Hari ke 2 Open Run kota Surabaya merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh para insan streetball di seluruh kota ini. Terlihat dengan begitu banyak nya penonton/pendukung yang telah memadati lapangan LA Lights Streetball di area parkir Grand City Mall, dan para pemain yang telah siap untuk segera beraksi di lapangan tersebut. Sebanyak 8 (delapan) tim akan kembali bermain di hari ke 2 ini, dan mereka adalah DOBS Legend, 031 Souljah, Lil’ Heroes, Black Ghost, D’ancient Ballers, West Star, 031 Junior, dan B’Ballaz Bali.

Tim 031 Junior, yang pada kenyataannya diperkuat oleh pemain-pemain yang sebenarnya sudah tidak “junior” lagi di dunia streetball Indonesia, harus melewati pertandingan seru dan menegangkan di babak 8 besar ini. Melawan tim West Star, skor kedua tim sangat ketat dan saling kejar-kejaran. Hingga waktu tersisa di bawah 2 menit di babak ke 2, skor kedua tim adalah sama, yaitu 7-7. Namun, berkat skill dan pengalaman jagoan-jagoan streetball komunitas 031 Ballers ini, Joshua AKA Tsunami, Gundul AKA Ill Loco, Willy AKA Lowblood, serta pemain-pemain 031 Junior lainnya, akhirnya mereka berhasil memenangkan pertandingan dan unggul 1 angka terhadap tim lawan mereka, West Star. WOW!! What a close game!! Rupanya 031 Junior menunjukkan bahwa perjuangan mereka tidak berhenti sampai di sini, dan dengan demikian, mereka berhasil melaju ke babak semifinal.

Di babak semifinal pertama, tim yang bermain adalah tim B’Ballaz Bali melawan tim 031 Souljah. Di dalam pertandingan ini, tim B’Ballaz Bali tidak begitu menemukan halangan/rintangan yang berarti. Sepertinya Picko dan kawan-kawan terlalu kuat untuk melawan tim 031 Souljah. Hingga akhirnya, tim B’Ballaz Bali pun berhasil memenangkan pertandingan dan melaju ke babak final untuk yang ke 2 kali nya dalam 2 tahun ini. Apakah mereka akan mengulang prestasi mereka kembali tahun ini? Well, we’ll see about that!

Di babak semifinal lainnya, tim 031 Junior rupanya juga tidak menemukan halangan/rintangan berat dari tim lawan, Black Ghost. Walaupun ke 2 tim sudah saling kenal dan saling mengetahui skill serta kemampuan masing-masing, rupanya tim yang dimotori Tsunami dan Ill Loco ini tetap unggul di dalam permainan mereka, hingga akhirnya mereka pun berhasil menundukkan tim Black Ghost. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa ke 2 tim yang bermain di babak final tahun ini sama dengan ke 2 tim yang bermain di babak final tahun lalu, yaitu B’Ballaz Bali dan 031 Junior (tahun lalu memang bukan bernama 031 Junior, tapi pemain-pemainnya sama).

Pertandingan final Open Run kota Surabaya pun dimulai. Ke 2 tim yang bertanding, baik itu B’Ballaz Bali atau 031 Junior, saling berusaha menghancurkan pertahanan lawan dan mencetak skor. Dari tim 031 Junior, Joshua dan Willy saling memperlihatkan speed dan kemampuan ball-handling mereka. Sedangkan dari tim B’Ballaz Bali, Edhie, Picko dan Brad saling memperlihatkan kekuatan serta basic fundamental basket mereka. They were just too strong!! Di akhir babak pertama, tim B’Ballaz Bali berhasil unggul dengan skor cukup jauh, 14-6. Ketika babak 2 berlangsung, tidak banyak perubahan yang terjadi. Tim B’Ballaz Bali tetap menunjukkan taring mereka dan berhasil menghancurkan pertahanan lawan beberapa kali. Picko AKA Steroidz terlihat UNSTOPPABLE dengan crossover dan finishing nya ke ring lawan. Skor ke 2 tim pun semakin jauh hingga menjelang akhir pertandingan. Tidak banyak yang bisa dilakukan tim 031 Junior untuk membalikkan keadaan tersebut, namun sebaliknya, mereka tetap BERANI ENJOY dan menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada setelah berhasil ditundukkan oleh tim B’Ballaz Bali dengan skor 30-17.

Congratz B’Ballaz Bali!! You guys are the “Back 2 Back” Champions of LA Lights Streetball Surabaya Open Run 2011.

Here is the summary of Surabaya Open Run 2011:

Streetball Competion:

I: B’Ballaz Bali
II: 031 Junior

Rim Shaker:
I: Brad
II: Roland AKA Anything U Need

Freestyle Contest:

I: D’Famous Spineard
II: House Cat Ballers

Rap Battle:
I: Ill Loco
II: Bonky

B-Boy Battle:
I: Little Breakin
II: Seven Soulz

Rookie:
Dwi Yudianto AKA Lil’ Tsunami (Lil’ Heroes)

MVP:
Top Dunk: Eko Sasmito AKA E-Flava (031 Junior)
Point Breaker: Edhie (B’Ballaz Bali)

City Selection Team:
Fandy Tryawarman (031 Souljah)

Willy Christ Richard AKA Lowblood (031 Junior)

Eko Sasmito AKA E-Flava (031 Junior)

Ary AKA Oplonk (B’Ballaz Bali)

Brad (B’Ballaz Bali)

Dypa (B’Ballaz Bali)

Nanang Seminar Efendi AKA Arwah (Black Ghost)

Muhamad Irman (West Star)

Tidak ada komentar: