Selasa, 23 Agustus 2011

Hasil Open Run Yogyakarta 2011

Open Run Yogyakarta, Sabtu & Minggu 16 & 17 Juli 2011, UPN

[Day 1]

Beberapa orang menyebutnya sebagai kota Keraton, ada juga yang mengenalnya sebagai ’kota gudeg’, apapun itu sebutan yang diberikan bagi kota Yogyakarta, yang pasti kota ini merupakan salah satu kota yang memiliki komunitas streetball terbesar di Indonesia. Sebut saja Faballous, DIMA Streetball, Ballstar Yogya dan masih banyak lagi komunitas lainnya yang terbentuk di Yogyakarta kurang lebih dalam 2-3 tahun terakhir. Terlebih lagi, jagoan-jagoan freestyle banyak yang berasal dari kota ini, dan yang tahun lalu juga mendominasi freestyle contest di Grand Final, yaitu Kingdom Freestyle. Yup yup, Kingdom Freestyle merupakan komunitas freestyle terbesar di Yogyakarta, mungkin juga di Indonesia, karena hampir tiap tahun, tim ini mengirimkan 4-5 tim secara bersamaan, dan setiap tim memiliki kualitas yang sangat baik. Yogyakarta memang pantas disebut juga sebagai salah satu kotanya para streetballer dan freestyler Indonesia. Memang benar, selama 6 tahun berturut-turut, kota Yogyakarta tidak pernah luput untuk menjadi tuan rumah dari kompetisi streetball terbesar di Indonesia ini.

Hal spesial yang selalu ada di Open Run kota Yogyakarta ini adalah penontonnya yang selalu memadati area lapangan Open Run sejak pagi hari. Kompetisi ini selalu diminati baik oleh para streetballer atau hanya penonton biasa. Terbukti dari penuhnya lapangan parkir Kampus UPN Veteran sejak pagi hari, dimana kompetisi ini diadakan. Beberapa muka-muka baru pun menghiasi lapangan streetball kali ini, dan banyak dari mereka yang dari awal sudah menunjukkan kemampuan masing-masing.

Streetballer yang terlihat paling menonjol dan BANYAK sekali fans nya, adalah Mara AKA Baby Showtime, yang berasal dari tim DIMA Streetballer 1. Tahun ini dia memperlihatkan kemajuan skillnya yang berkembang pesat, terutama fundamental basketnya. Tidak sedikit trik-trik streetball digunakannya untuk mendapatkan POINT BREAKER–POINT BREAKER dahsyat dan gokil yang membantu timnya untuk memenangkan setiap pertandingan.

Sedangkan untuk tim-tim unggulan yang bertanding hari ini juga telah menunjukkan kebolehannya sejak awal. Tim-tim seperti Ballstar Yogya 1, SHAQ Streetball 1, Faballous Streetball 1 & 2, berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak penyisihan hari pertama ini, sehingga membawa mereka untuk melaju ke babak 8 besar di hari ke 2 besok. Selain ke 4 tim tersebut, tim Black Freak Ballers, Exhaust Perwira Streetball, Dimanja Vidic 1, dan Famous Ballers School pun berhasil lolos di hari pertama ini, dan akan kembali bertanding di hari ke 2 besok.

Ada sedikit yang berbeda di hari pertama ini, yaitu menjelang akhir acara, ketika para Allstar Nasional bersiap-siap untuk sedikit memberikan “teaser” kepada para penonton, salah satu legenda hidup streetball yang bernama Grayson Boucher AKA The Professor HADIR DI LAPANGAN! GOKIL GAK TUH?? Para penonton pun dibuat heboh dan menggila hanya dengan melihat kehadirannya di lapangan. Akan tetapi, kali ini, Fess (panggilan dari The Professor) tidak akan menunjukkan skillnya. Dia malah sangat excited untuk melihat para Allstar Nasional kita untuk bermain menunjukkan kebolehan-kebolehan mereka. Fess pun duduk di tenda juri menyaksikan “teaser game” dari para Allstar hingga selesai.

[Day 2]

Hari ke 2 Open Run Yogyakarta tahun ini dimulai pukul 1 siang, akan tetapi, sejak pukul 11 siang, area lapangan parkir Kampus UPN Veteran Yogya sudah dipenuhi oleh para streetballer freak yang sudah gak sabar untuk bermain atau sekedar menyaksikan jagoan-jagoan mereka bertanding. Hari ini, kompetisi sudah memasuki babak 8 besar, dan 8 tim yang berhasil lolos untuk bermain kembali hari ini adalah tim Ballstar Yogya 1, SHAQ Streetball 1, Faballous Streetball 1, Faballous Streetball 2, Black Freak Ballers, Exhaust Perwira Streetball, Dimanja Vidic 1, dan Famous Ballers School.

Juara bertahan LA Lights Streetball tahun lalu, yaitu tim Ballstar Yogya1, adalah salah satu tim kandidat juara, karena memiliki materi komplit. Tim yang dimotori oleh pemain dan juga handler yang sudah tidak asing lagi di dunia streetball, yaitu Mario AKA I’ll See U There, tidak memiliki kesulitan berarti dalam menghadapi lawan-lawannya. Di hari ke 2 ini pun, tim Ballstar Yogya 1 juga melakukan hal sama, tim demi tim mereka kalahkan dengan perbedaan skor yang cukup jauh. Walaupun I’ll See U There sendiri sudah tidak begitu sering lagi melakukan trik-trik streetball, akan tetapi assist-assistnya seringkali membuat rekan setim nya mendapatkan point, baik lewat lay up, shoot atau pun DUNK!! Dunker andalan mereka, Bagus Santosa, yang tahun ini semakin gokil dan tampil memukau dengan dunk-dunk in your face nya, berhasil menjadi ”Top Dunker” di Open Run kali ini.

Salah satu tim underdog yang awalnya tidak diperkirakan akan melangkah jauh, ternyata sukses lolos ke babak final dan berhadapan dengan tim Ballstar Yogya 1, adalah tim SHAQ Streetball 1. Tim yang di hari sebelumnya juga telah menunjukkan kekuatan mereka dan tidak terkalahkan, dimotori oleh handler cepat mereka, M. Feldi Syafaat AKA Da’ Famous, yang tahun ini terpilih sebagai Rookie. Tim SHAQ Streetball 1 ini merupakan tim yang berasal dari komunitas freestyle besar di Yogyakarta, yaitu Kingdom Freestyle.

Awalnya, pertandingan final berlangsung cukup seru. Kedua tim seringkali menunjukkan kemampuan-kemampuan dalam meng-handle bola dan melakukan dunk-dunk yang spektakuler! Tapi semua penonton yang berada di lapanganpun tahu, bahwa materi basic basket dan fundamental dari tim Ballstar Yogya 1 lebih baik dan lebih kuat, terlebih lagi beberapa pemain Ballstar memiliki fisik yang lebih baik dari pemain-pemain SHAQ Streetball. Akan tetapi, hingga akhir pertandingan, tim SHAQ Streetball 1 tetap BERANI ENJOY dengan menujukkan skill terbaik mereka, dengan mendapatkan beberapa POINT BREAKER, dan poin-poin lainnya, seakan mereka gak mau kalah begitu saja. And in the end, tim Ballstar Yogya 1 dapat meyakinkan seluruh insan streetball di kota Yogyakarta bahwa merekalah yang terbaik dengan mengalahkan tim SHAQ Streetball 1 dengan skor 35-21.

Well well, congratz to both team! You guys have shown the best and BERANI ENJOY!

Here is the summary of Yogyakarta Open Run 2011:

Streetball Competion:

I: Ballstar Yogya 1
II: SHAQ Streetball 1

Rim Shaker:
I: Wega
II: Indra

Freestyle Contest:
I: Kingdom Clan
II: Kingdom Freestyle FNT

Rap Battle:
I: Dena
II: Koko D’Stiko

B-Boy Battle:
I: Carbon Crew
II: Illusions Crew

Rookie:
M. Feldi Syafaat AKA Da’ Famous (SHAQ Streetball 1)

MVP:
Top Dunk: Bagus Santosa (Ballstar Yogya 1)
Point Breaker: Mara AKA Baby Showtime (DIMA Streetball 1)

City Selection Team:
Mara AKA Baby Showtime (DIMA Streetball 1)

Mario Yohakim AKA I’ll See U There (Ballstar Yogya 1)

Permadi Ario Damar (Ballstar Yogya 1)

Danur AKA Speedy G (Black Freak Ballers)

Avis AKA 911 (Black Freak Ballers)

Tri Juniyanto AKA Stronghold (SHAQ Streetball 1)

Bagus Santosa (Ballstar Yogya 1)

Abdul Karim Bawazier AKA The Terrorist (Faballous Streetball 2)

Tidak ada komentar: