Selasa, 23 Agustus 2011

Hasil Open Run Malang 2011

Open Run Malang, Sabtu & Minggu, 7 & 8 Mei 2011, Rampal

[Day 1]

Here we go again! It’s the year of 2011, and the LA Lights Streetball Open Run is back!! Yang pasti, tahun ini, LA Lights Streetball pasti akan kasih lebih gokil lagi buat loe semua para streetballer di tanah air. Dan kota pertama yang beruntung menjadi tuan rumah event streetball terbesar di Indonesia ini adalah kota Malang. Selama beberapa tahun terakhir, kota ini memang selalu terpilih sebagai tempat diadakannya Open Run, dan telah melahirkan beberapa streetballer-streetballer lokal ternama. Bahkan, ada jagoan-jagoan mereka yang bisa dibilang “langganan Allstar Nasional”. Sebut saja Brian Agata AKA Shifty (Allstar Nasional 2008), Tosa AKA Show Off (Allstar Nasional 2006 & 2010), dan Gandi AKA Nasty G (Allstar Nasional 2006, 2008, 2009, 2010) dan beberapa streetballer lainnya yang pernah menjadi City Selection di kota ini, mereka turut meramaikan open run kali ini. Mayoritas, mereka berasal dari komunitas streetball “GO STREEM”, yang telah beberapa kali menjadi juara Open Run di kota Malang ini. Dan tahun ini juga, Allstar Nasional 2010 kita, Nasty G dan Show Off juga akan ikut bermain lagi untuk memperkuat tim nya, Go Streem 1 dan Go Streem 2, dan berencana untuk menjuarai kompetisi ini. Well, kayaknya hampir tiap tahun Go Streem selalu menjadi juara deh, jadi emang besar kemungkinan mereka untuk jadi juara lagi tahun ini. Yah, we’ll see!

Lapangan RAMPAL merupakan tempat dimana LA Lights Streetball ini diadakan. Sejak pukul 10 pagi, lapangan ini sudah cukup ramai dipenuhi penonton. Mereka sudah tidak sabar untuk menyaksikan tim-tim streetball kota mereka untuk beraksi di dalam kompetisi ini. Beberapa muka-muka baru pun menghiasi lapangan streetball kali ini, dan banyak dari mereka yang dari awal sudah menunjukkan kemampuan masing-masing. Beberapa tim yang turut meramaikan hari pertama ini adalah Brother B, East Coast, Black Juice Knight, The Next Level, BM Bee, Go Streem, dan masih banyak lagi. Dan seperti sudah diperkirakan sebelumnya, para Allstar Nasional kita, Nasty G dan Show Off, terlihat seringkali menunjukkan skill-skill spesial mereka, yang memang jauh di atas rata-rata. Dunk-dunk keras dari Nasty G, dan trik-trik gila dari Show Off, terlihat beberapa kali membuat penonton bangkit dari kursi mereka dengan ekspresi kagum yang luat biasa. “Memang Allstar Nasional kelas nya udah beda deh..” ucap penonton yang ada tepat di pinggir lapangan tersebut.

Di balik itu semua, tim yang sebenarnya paling menarik perhatian para juri adalah tim BM Bee 1. Tim bermaterikan beberapa pemain yang sebenarnya sudah tidak asing lagi di dunia streetball, dan salah satu pemain dari tim ini yang cukup menarik minat para penonton adalah pemain yang berpostur tubuh paling tinggi di antara semua streetballer kota Malang, yaitu Marlon. Sebenarnya Marlon bukan lah warga negara Indonesia. Dia sedang mengikuti program pertukaran pelajar dari negara republik Madagascar, yang sering berkumpul dan bermain basket dengan rekan-rekan se-tim nya. Dengan tubuh jangkungnya itu, dan kemudahannya dalam melakukan dunk, dia selalu membuat para lawan-lawan nya kewalahan dalam menjaga nya. Alhasil, dia pun berhasil membawa tim nya memenangkan pertandingan demi pertandingan di hari pertama Open Run, dan akan lanjut bermain di hari ke 2 besok.

Walaupun masih hari pertama, para juri juga sudah menaruh perhatian khusus terhadap 8 streetballer yang akan disatukan kembali di dalam tim City Selection. Yup, format Open Run tahun ini, kembali ke jaman tahun 2005 – 2008, yaitu tim yang berangkat ke Grand Final nanti adalah tim City Selection masing-masing kota, bukan tim juara masing-masing kota. So, eventhough your team lost, you still might get a chance to play in the Grand Final with the City Selection team. How cool is that?

[Day 2]

Hari ke-2 merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh para insan streetball di kota Malang. Terlihat dengan begitu banyak nya pendukung yang telah memadati lapangan RAMPAL, dan para pemain yang telah siap untuk segera beraksi di lapangan LA Lights Streetball tersebut. 8 tim yang berhasil lolos di hari pertama, akan kembali bermain lagi di hari ke 2 ini, dan mereka adalah BM Bee 2, Go Streem 2, East Coast, Next Level 2, Next Level 2, BM Bee 1, Go Streem 1, dan Black Sopranos. Mereka pun akan kembali menunjukkan aksi-aksi freestyle dan dunk-dunk yang spektakuler.

Pertandingan demi pertandingan pun berlangsung sangat seru, dan banyak trik-trik baru, serta aksi dunk-dunk yang dilakukan oleh para streetballer di kompetisi ini. Tim yang kembali memukau penonton dengan permainan-permainan cepat nya, dan terutama hantaman-hantaman dunk keras dan trik-trik menipu lawannya adalah tim Go Streem 1 dan Go Streem 2. Ke 2 tim yang dimotori oleh Show Off dan Nasty G ini bermain sangat baik, dan berhasil mengalahkan tim-tim lainnya, sehingga membawa mereka untuk lolos ke babak semifinal. Tim BM Bee 1 pun juga berhasil lolos menuju babak semifinal setelah berhasil membantai lawan-lawannya dengan dunk-dunk IN YOUR FACE nya dunker andalan mereka, Marlon.

Menjelang babak semifinal dimulai, sangat disayangkan bahwa seluruh acara harus dihentikan dulu. Kondisi cuaca yang kurang baik, serta hujan yang turun cukup lama, membuat acara ini harus dilanjutkan di lapangan yang berbeda, AKA pindah tempat. Dan setelah para panitia dan juri berdiskusi, akhirnya mereka sepakat bahwa acara harus dipindahkan ke GOR Basket Bima Sakti Malang. Dan gokilnya, seluruh penonton yang sebelumnya udah memadati lapangan RAMPAL, ternyata tetap setia ikut pindah ke GOR Basket Bima Sakti Malang untuk kembali menonton dan mensupport jagoan-jagoan streetball mereka. How awesome is that? :)

Di babak semifinal, tim Go Streem 2 yang berhadapan dengan Next Level, berhasil bermain maksimal dan mengalahkan Next Level dengan skor yang cukup jauh. Kemudian di semifinal lainnya, tim Go Streem 1, dengan kapten Tosa AKA Show Off, bermain ketat dengan tim BM Bee 1. Akan tetapi, berkat pengalaman dan skill streetball dari pemain-pemain Go Streem 1, mereka pun akhirnya berhasil mengalahkan tim BM Bee 1 dengan skor 19-7. Dengan demikian, tim Go Streem ALL FINAL !!

Walaupun pertandingan final kali ini mempertemukan 2 tim yang sebenarnya berasal dari komunitas streetball yang sama, akan tetapi, pertandingan tetap berlangsung sangat seru dan menarik. Sangat terlihat bahwa mereka bermain lepas tanpa beban. Kedua tim seringkali menunjukkan kemampuan-kemampuan dalam meng-handle bola dan melakukan finishing-finishing yang gokil banget! Ada Imagine dengan lompatan tinggi nya yang spektakuler, ada Breakaholic dengan dribble nya yang begitu cepat dan tricky, dan ada juga Shifty dengan trik-trik nya yang smooth. Tapi pada akhirnya, tim Go Streem 1 berhasil mengalahkan “saudara” nya, Go Streem 2, dan berhasil menjadi Juara LA Lights Streetball Open Run 2011 di kota Malang ini.

Good work Go Streem!! You all are the best of the best in Malang!! Congratz!!

Di samping pertandingan streetball, di LA Lights Streetball juga diadakan yang namanya Rim Shaker Battle, Rap Battle, Freestyle Battle dan B-Boy Battle. Khusus kota Malang, oleh karena sedikitnya waktu yang tersisa di hari ke 2 Open Run ini, maka Rim Shaker Battle dan Rap Battle, harus ditiadakan. Sedangkan untuk Freestyle Battle, Kingdom Freestyle yang berasal dari kota Yogyakota, berhasil menjadi juara 1 dan 2 di kota Malang ini. Sekedar mengingatkan, Kingdom Freestyle ini merupakan Juara Freestyle Battle di ajang Grand Final LA Lights Streetball tahun 2010 lalu, setelah mengalahkan tim freestyle besar, Masa Depan Freestyle. Dan ternyata, kali ini mereka kembali menunjukkan skill freestyle mereka, yang akhirnya berhasil menarik perhatian penonton dan juga para juri. Begitu juga dengan B-Boy Battle, Little Breakin berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Piramid Soulz di babak final.

Summary dari seluruh kegiatan acara LA Lights Streetball 2011 Competion di Malang:

Streetball Competion:
I: Go Streem 1
II: Go Streem 2

Freestyle Battle:
I: Kingdom Freestyle 1
II: Kingdom Freestyle 2

B-Boy Battle:
I: Little Breakin
II: Piramid Soulz

Rookie:
Hendriansyah AKA Five O (East Coast)

MVP:
Top Dunk: Marlon (BM Bee 1)
Point Breaker: Tosa AKA Show Off

City Selection Team:
Brian Agata AKA Shifty (Go Streem)
Syahrian Zeinsal AKA Brother S (Go Streem)
Hendra Setiawan AKA Let It Burn (Go Streem)
Sigit Kurniawan AKA Breakaholic (Go Streem)
Hari Armando AKA He’s The Man (Go Streem)
Vici Taufan AKA Imagine (Go Streem)
Lala Marlon (BM Bee 1)
Inggit AKA Nu Battery (BM Bee 1)

Tidak ada komentar: